Kamis, 23 April 2015

BANGUNAN 2 SHELTER DI KOTA PADANG HARI INI DIRESMIKAN

Padang 23/4/2015, Bangunan tempat evakuasi sementara (shelter) untuk masyarakat Parupuak Tabing kecamatan Koto Tangah di Kota Padang pada siang tadi pukul 14.00 wib diresmikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Syamsul Ma'Arif). Bangunan tersebut merupakan bantuan BNPB bekerjasama dengan Kementrian PU yang pembangunannya dimulai tahun 2013. Lokasi utama peresmian berada di Shelter samping masjid Darussalam yang berada di komplek perumahan Damri Tabing kecamatan Koto Tangah.

Kata sambutan diawali oleh Bapak Gubernur Irwan Prayitno, Dr.Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc (Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) diakhiri oleh Kepala BNPB Bapak Syamsul Maarif yang telah menerima gelar dari adat sangsako Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) "Dipertuan Rajo Maulana Paga Alam" sekaligus diakhiri dengan pemotongan pita.

lokasi Shelter di Komplek Damri/ Masjid Darussalam Tabing Kota Padang
lokasi Shelter di Komplek Perumahan Parupuak Tabing Kota Padang


Bertepatan setelah berkumadang azan Azhar, sirine EWS (Early Warning System Tsunami) berbunyi dan masyarakat berbondong-bondong menuju bangunan shelter yang berada di komplek perumahan Parupuak Tabing dan komplek perumahan Damri. Petugas dan relawan membimbing warga yang berlarian menuju bangunan pada ketinggian sekitar 25 meter tersebut. Ini merupakan simulasi bagi masyarakat setempat dalam melakukan evakuasi secara mandiri dalam menghadapi ancaman tsunami disaat setelah terjadinya gempa dalam kekuatan diatas 8 skala richter yang merupakan ancaman di wilayah pesisir pantai barat Sumatera Barat. (gst)

Tidak ada komentar: