Rabu, 26 September 2012

Asap dan Dentuman Gunung Api Marapi Kembali Terjadi

G. Marapi mengeluarkan asap tebal
Tanah Datar (26/09), Pada Pukul 16.39 wib Gunung Marapi kembali telah terjadi erupsi dengan mengeluarkan suara dentuman yang terdengar hingga jarak 16 Km (menurut laporan masyarakat). 

Asap letusan mencapai ketinggian maksimum 1,5 Km dari puncak, asap letusan tersebut tertiup angin kearah barat. Hingga saat ini pukul 17.00 wib masih terjadi kepulan asap dari puncak Gunung Marapi tersebut. 

Kembali BPBD Sumatera Barat setelah mengkonfirmasi ke pihak PVMBG menyatakan bahwa Gunung Marapi yang masih dalam status Waspada tersebut, melihat kondisi saat ini agar masyarakat tetap tidak melakukan aktifitas maupun pendakian hingga jarak 3 Km dari titik letusan. Buffer stock masker telah ada di gudang Logistik BPBD Kabupaten Tanah Datar sebagai persiapan bila asap mengganggu aktifitas penduduk sekitar dan di Depo Logistik BPBD Sumatera Barat juga siap-sedia bila segera dibutuhkan.

Depo Logistik BPBD Sumatera Barat tetap aktif 24 jam dalam setiap harinya

Jika terjadi hujan lebat berlangsung lama di puncak Marapi, agar masyarakat yang bermukim dibantaran sungai yang berhulu dipuncak Marapi tetap waspada terhadap aliran lahar/ banjir bandang/ galodo. Gunung Marapi tetap dalam status Waspada ujar Bapak Surono (Ka. PVMBG). 


Tidak ada komentar: