Sabtu, 15 September 2012

ANTISIPASI BERULANGNYA BANJIR BANDANG DI PADANG

Kunjungan Gubernur Sumbar & Deputi II BNPB
Kelokasi Bencana

 Helikopter BNPB yang akan dipergunakan
pada survey udara
 
Perencanaan lintasan survey udara

ANTISIPASI BERULANGNYA BANJIR BANDANG DI PADANG

Berulangnya banjir bandang yang menerjang Kota Padang memberikan pelajaran yang berharga. Fakta bahwa banjir bandang makin meningkat. Kawasan hilir semakin rawan terhadap ancaman banjir bandang saat musim penghujan. Sebaliknya saat kemarau makin kering karena berkurangnya pasokan air.

Guna mengantisipasi tingginya risiko berulangnya kejadian banjir bandang dan longsor di hulu yang mengancam  Kota Padang dan sekitarnya, maka BPBD Sumatera Barat yang didukung BNPB melakukan langkah antisipasi. Pertama, pemasangan CCTV guna monitoring sungai Batang Kuranji. Saat ini sedang diinstall CCTV di Gedung Azkia untuk memantau debit sungai secara real time yang langsung terkoneksi dengan Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Sumatera Barat.

Kedua, analisis penginderaan jauh dengan citra satelit guna menganalisis potensi longsor. Foto udara dan perekaman video denga helicopter BNPB akan dilakukan besok pagi pukul 08.00 Wib (Sabtu, 15/9/2012). Helicopter saat ini sudah berada di Bandara Internasional Minangkabau. Ketiga, operasi pembersihan kayu-kayu di hulu sungai dengan membongkar bendungan-bendungan kecil di hulu. 100 personil beserta peralatan akan dikerahkan guna membersihkan material dan kayu di hulu.  Inspeksi menyusur sungai untuk menemukan bendung-bendung alami dan membongkarnya adalah langkah antisipasi yang perlu rutin dilakukan. Apalagi galodo atau banjir bandang di Sumatera Barat sering terjadi di beberapa kabupaten/kota dan kejadiannya selalu diawali oleh terjadinya pembendungan secara alamiah di bagian hulu oleh material longsoran. Keempat, mengaktifkan piket Siaga 24 jam pada lokasi rawan banjir bandang dengan memberdayakan Pemuda dan Kelompok Siaga Bencana (KSB) masyarakat setempat.

Untuk info lanjut:
1. Ir. Dody Ruswandi Deputi Penanganan Darurat BNPB 087895327475
2. Yazid Fadhli Kepala BPBD Sumbar +628126605955
3. Ade Edward Pusdalops Sumbar +628126763840

DR. Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB

Tidak ada komentar: