Selasa, 31 Juli 2012

Bantuan Korban Banjir Masih Tetap Disalurkan

Padang (31/7), Tim Pendukung Lapangan Operasi TD Bencana Banjir di Kota Padang pada hari Senin kemarin (30/7) telah bergerak kelapangan. Kali ini jumlah personil berjumlah 84 karena adanya dukungan lapangan dari Pemuda Pancasila (PP) dalam upaya membantu masyarakat korban banjir. Tim kembali berangkat setelah Apel Pagi dimulai pukul 07.30 wib.


Telah ada pembagian tugas masing-masing Tim, mulai dari pembersihan rumah-rumah, pembersihan sumur warga, penyaluran barang bantuan dan verifikasi data. 

Verifikasi data dilakukan oleh Petugas dari Pusdalops PB BPBD Provinsi Sumatera Barat.  
Distribusi barang bantuan

Barang bantuan telah didistribusikan dengan baik kepada masyarakat para korban, meski Petugas dilapangan sering kali mengalami kendala, seperti mengalami kesulitan dalam memperoleh data korban banjir tersebut. Petugas hampir tidak melihat Posko-Posko yang memiliki data ataupun mencantumkan data-data korban dari masyarakat setempat. Hingga Petugas melakukan pendataan sendiri kerumah-rumah warga.  Tiap kali ditanya mereka sepertinya belum siap memberikan jawabannya namun setelah melakukan pendataan, Tim juga menjelaskan maksud dan tujuannya kepada Ketua RT setempat dan Petugas Posko, baru mereka bisa memahami dan dapat bekerjasama untuk bersama-sama membantu para korban. 

Tim yang melakukan pembersihan rumah warga dilaporkan tidak mengalami kendala yang berarti, sumur-sumur warga sebagin sudah bisa dipergunakan kembali.


Verifikasi data korban bencana banjir
Untuk Tim yang melakukan Verifikasi data, mereka pada hari ini Selasa pagi (31/7) akan bergerak kembali untuk melanjutkan tugasnya, karena ada sebagian lagi rumah warga dengan kategori rusak berat dan ringan akan diverifikasi dan yang telah pasti Petugas telah mengantongi data yang dapat dikatakan telah valid, dan siap untuk dilaporkan langsung ke BNPB Pusat di Jakarta.










Data hasil Verifikasi dapat dilihat DISINI

Tidak ada komentar: