Sabtu, 16 Juni 2012

Sumbar Tuan Rumah Rakornas dan Apel Siaga PB


Photo Bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) PB Sumatera Barat
Apabila dianggap tepat dan strategis, BNPB Pusat akan menunjuk dan memberikan kepercayaan kepada Tiap BPBD Provinsi di Indonesia untuk dapat dan siap menjadi Tuan Rumah dalam acara Rakornas dan Apel Siaga Penanggulangan Bencana se Indonesia. Disamping sebagai undangan, tiap acara tersebut akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang perbedaan wilayah dan cakupan daerah rawan bencana di tiap Provinsi di wilayah NKRI ini. Disamping hal tersebut, lapisan masyarakat Kota Padang juga akan tahu bahwa inilah ribuan relawan bencana yang siap dalam tugas kemanusiaan saat terjadi bencana baik di tingkat Regional, Provinsi maupun Kabupaten dan Kota nantinya. Siapapun tidak menginginkan terjadi bencana. Tapi kita harus selalu waspada, siaga dan tanggap akan suatu hal yang akan menimbukan bencana, baik itu bencana alam, maupun bencana sosial yang selalu mengintai keselamatan kita.  


                Saat ini jatah Provinsi Sumatera Barat-lah yang dipercaya menjadi Tuan Rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas_Red) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Apel Siaga PB. Yang dilaksanakan Rabu (27 Juni hinga 1 Juli 2012). Rakornas yang bertemakan “Rakornas BNPB Mendorong Peningkatan Kerjasama Antar Daerah Dalam Penanggulangan Bencana” tersebut dilaksanakan di Pangeran’s Beach Hotel. Sementara itu, pengarahan dalam Rakornas tersebut dilakukan oleh Kepala BNPB - DR. Syamsul Maarif, M. Si., Gubernur Sumbar - Prof, Dr. Irwan Prayitno, M.Si, dan Wakil Gubernur Sumbar - H. Muslim Kasim, Akt, MM.
Sesuai kewenangan dalam Rakornas, BPNB-pun mengundang 27 Pejabat Instansi/Lembaga Tingakat Pusat, rombongan tersebut diantaranya ; Kepala BNPB, DR. Syamsul Maarif, M.Si. 1 orang Sekretaris Utama, 4 orang Deputi, 1 Inpsektur Utama, 4 Kepala Biro, 1 Ka. Pusdiklat PB, 2 Kepala Pusat, 12 orang Direktur, dan 2 Orang Inspektur.  Sementara itu, Untuk Prov. Sumbar, Gubernur/BPBD mengundang Instansi, Masyarakat, dan Swasta se Sumbar. Sehingga Rakornas PB tersebut melibatkan kurang lebih 104 orang perserta masing-masing; Kalak. BPBD Prov. se Indonesia sebanyak 33 orang, Kabid. Kedaruratan BPBD Provinsi se Indonesia 33 Orang dan Kalak. BPBD Kab/Kota se Sumbar 19 Orang dan Kabid. Kedaruratan BPBD Kab/Kota se Sumbar juga 19 orang.
Di Rakornas tersebut juga diikuti oleh Kepala Pelaksana didampingi Kepala Bidang. Kedaruratan BPBD Prov/Kab/Kota se Sumbar, diantaranya ; Ka. Lak. BPBD Sumbar., Ir. Yazid Fadhli M.M, Kabid Kedaruratan, Ir. Ade Edward., Ka. Lak. BPBD Kab. Solok, Agam, Tanah Datar, Pessel, Sijunjung, 50 Kota, Pasaman, Kab. Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Darmasraya, Solok Selatan, Dan Kab. Padang Pariaman. Untuk BPBD Kota dihadiri Ka. Lak. BPBD Kota Padang, Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Sawahlunto. Sementara dua KotaPayakumbuh dan Solok, belum terbentuk.       
Disamping itu BPBD Prov. Sumbar juga mengundang Muspida/Forkopimda se Sumbar diantaranya : Ketua DPRD Sumbar, Kepala Kejaksaan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Kapolda Dan Rem 032 Wirabraja, Ketua PTUN Padang, Dan Lanud Padang, serta Komandan Lantama II.
Dalam acara Apel Siaga PB Sumbar yang dilaksanakan (Jum’at 29 Juli) di Ruangan Terbuka Hijau (RTH-Red) Imam Bonjol Padang, selain pasukan (BPBD) Kab/Kota se Sumbar sebanyak 400 Personil. Juga diikuti TNI-AU, AD, AL, Polri, Sat Pol PP Sumbar dengan masing-masing 30 personil , sementara, Dinsos, Dinkes, Dinas PU. Cukup 10 personil, PMI mengirim 30 personilnya, 60 Anggota Tagana , Basarnas Padang  sebanyak 20 personil, Pemuda Pancasila dan Resimen Mahasiswa, juga menurunkan 30 personilnya, 150 personil dari Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kota Padang juga akan menurunkan 150 personilnya. Di susul dengan KSB Padang Pariaman dan KSB Kota Pariaman, masing-masing 30 personil. Untuk KSB Tanah Datar, Bupatinya mendatangkan relawan bencananya sebanyak 50 personil.
Dilain hal, BPBD Prov, Sumbar juga mengundang BPBD Prov. Tetangga yaitu, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu dengan jumlah personil masing-masing 5 orang.  Sehingga helat Rakornas dan Apel Siaga ini melibatkan lebih dari 1.500 personil peserta  Relawan Penanggulangan Bencana, mulai dari Pejabat Pusat, Provinsi, Kab/Kota se-Sumbar dan berbagai elemen kebencanaan, ikut meramaikan dan berpartisipasi dalam Rakornas dan Apel Siaga Penanggulangan Bencana yang disaksikan oleh ribuan mata masyarakat Kota Padang dan sekitarnya.
Di hadapan 35 SKPD se Prov. Sumbar dan 19 Kepala Daerah Kab/Kota se Sumbar, Apel Siaga PB yang bertemakan, “Apel Siaga PB Memperkuat Kesiapsiagaan Untuk menuju Indonesia Tangguh” tersebut, juga dipamerkan berbagai peralatan dan alat transportasi pendukung operasional yang digunakan Tim Reaksi Cepat (TRC) Lapangan dan Posko BPBD. Adapun perlengkapan yang dipamerkan tersebut adalah, 2 Unit Helikopter, 35 Kendaraan Rescue, 5 Kendaraan Medis/Ambulance, 1 Kendaraan Komunikasi, 1 Kendaraan Peralatan Rescue, 3 Kendaraan Dapur Umum, 5 Kendaraan Water Treatment dan Sanitasi, 59 Sepeda Motor Trail TRC, 27 Perahu Rescue, 5 Alat Berat, 1 Tenda Rumkit Lapangan, 15 Tenda Posko/Personil, 2 Set Peralatan TIK, 5 Unit Light Tower Genset. Seluruh peralatan yang dipamerkan saat Apel Siaga PB tersebut, berjumlah kurang lebih 170 Unit kendaraan.

“Apapun Alasannya, Jabatan dan Tanggungjawab serta penunjukan tugas itu adalah, “Amanah”…Kebanggaan tak akan muncul, Apabila dalam pelaksanaannya dilakukan tidak dengan Ikhlas dan dan tanggungjawab penuh…Apabila gagal,…Intropeksi dirilah obatnya…Jika berhasil dan sukses…janganlah ada kesombongan dan keangkuhan dalam diri kita…Karna, jabatan itu hanya sesaat…Bantulah Saudara kita yang ditimpa bencana…karena, di tangan kita, sebagai relawan bencana, berada setetes embun untuk manuju masa depan mereka…” (TRC BPBD Prov. Sumbar)

Tidak ada komentar: