Minggu, 17 Juni 2012

Marapi Mengeluarkan Asap Putih

Gunung Marapi hari ini kembali menyemburkan abu vulkanik(17/6). Menurut Pusdalops PB Kabupaten Tanah Datar yang dihubungi oleh Pusdalops PB Provinsi Sumatera Barat, bahwa awan yang menyelimuti puncak Gng. Marapi tersebut memang benar adalah awan dari semburan abu vulkanik terjadi sekitar pukul 08.30 wib tadi dan hingga hingga pukul 14.00 wib masih terpantau.
Pantauan Puncak Gunung Marapi - CCTV Pusdalops PB Sumatera Barat (17/6) Lokasi: BPBD Kab. Tanah Datar

Gunung Marapi yang memiliki tinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, diperkirakan setinggi 500 meter dari puncak kawah. "Abu vulkanik tersebut jatuh disekitar lereng gunung dan tidak mengganggu aktifitas masyarakat sekitar Marapi. Asap tersebut hingga saat ini terpantau mengarah dari tenggara menuju baratdaya mengikuti arah angin.

Sejak peningkatan status gunung terjadi pada 3 Agustus 2011, gunung hampir tiap hari menyemburkan asap putih dan abu vulkanik.

Menurut petugas PGA Bukittinggi, Gunung Marapi mulai mengalami peningkatan aktivitas pada 3 Agustus 2011 tahun lalu. Gunung api itu hampir tiap hari mengeluarkan asap putih dan abu vulkanik dan oleh pihak PVMBG gunung api ini masih dalam tingkat Status Waspada /Level II.
Untuk itu baik masyarakat, maupun para pendaki atau pecinta alam diharapkan tidak mendekati pada jarak 3 KM dari arah kawah gunung api ini.(Gst)

Tidak ada komentar: