Rabu, 21 Maret 2012

Rakor Pelaksanaan Program Penanggulangan Bencana

Padang, 21 Maret 2012
Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program Penanggulangan Bencana Provinsi Sumatera Barat diadakan di Gedung Pendopo Gubernur Sumatera Barat yang diketuai oleh Ir. Yazid Fadhli, MM (Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Barat) dan dihadiri oleh Kepala Pelaksana dari 19 Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat. Rakor ini juga menghadirkan Perwakilan BPKP Bpk. Drs. Fuadun, AK yang menjelaskan tentang fungsi audit anggaran dana pada penanggulangan bencana. Selama ini BPBD baik di Provinsi maupun Kabupaten/ Kota masih kurang memahami bagaimana proses pemakaian anggaran dana APBD maupun bantuan dari luar dan sistem pertanggung jawabannya disaat Tanggap Darurat Bencana, untuk itu perlu adanya pemahaman yang matang agar tidak terjadi salah tafsir dan salah penggunaan.

Selain itu dalam rakor ini memaparkan rencana program kegiatan masing-masing bidang, baik Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Kedaruratan & Logistik serta Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat. Sekretaris BPBD Provinsi Sumatera Barat menjelaskan bahwa pada Program tahun 2013 BPBD Provinsi Sumatera Barat berencana akan meng-anggarkan Peralatan Sarana Early Warning System (Sistem Peringatan Dini) yang ditempatkan ditiap titik yang ditentukan di Kabupaten/ Kota wilayah pesisir pantai barat Sumatera Barat yang rawan akan bencana gempa dan tsunami, selain itu akan memperkuat anggota Tim Rescue dengan mengadakan pelatihan-pelatihan. Selain itu Peningkatan Kapasitas Kelembagaan berupa TRC dan Forum PRB dan juga Peningkatan Sarana dan Prasarana Kesiapsiagaan diharapkan akan dapat dilaksanakan dengan matang di tahun 2013 nantinya.

Ir. Ade Edward selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik juga turut menjelaskan; disaat terjadi bencana agar setiap baik Provinsi maupun Kabupaten Kota akan menerapkan tahap-tahap dalam upaya penanggulangan bencana, Tahap/fase tersebut meliputi ; -Status Keadaan Darurat, - Status Siaga Darurat, -Tanggap Darurat dan yang terakhir tahap -Transisi Darurat Bencana.
     







1 komentar:

gambuik mengatakan...

Rakornya Semuanya orang Dinas BPBD betul Pak...?
Kelihatannya campur ya dengan orang Pemadam Kebakaran juga...