Senin, 12 September 2011

Data Kerusakan Kejadian Bencana Alam Puting Beliung Kota Payakumbuh

Seperti diberitakan kemarin, mengenai kejadian bencana alam berupa Angin Puting Beliung dan Hujan Es telah menerpa sebagian wilayah Kota Payakumbuh pada hari Jum'at tanggal 9 September 2011 sekitar pukul 16.30 wib. Setelah Tim Pusdalops PB BPBD Sumatera Barat yang diketuai oleh Kasi. Kedaruratan BPBD Sumatera Barat Bpk Drs. Antorizon. M.Hum, turun ke lapangan pada tanggal 10 September 2011 bersama-sama dengan Satgas PMI Sumatera Barat yang diketuai oleh Bpk Embit dan berkoordinasi langsung dengan BPBD Kab. 50 Kota, Satlak Kota Payakumbuh, Dinsos Kota Payakumbuh, serta Lurah dan jajarannya.

Dari Kabupaten 50 Kota (BPBD Kab. 50 Kota) setelah dikonfirmasi kebenaran data korban yang terkena dampak bencana tersebut, Kelaksa BPBD Kab. 50 Kota yang waktu itu tidak bisa ditemui karena sesuatu hal menjelaskan melalui telephon, bahwa benar telah terjadi bencana tersebut namun akibat yang ditimbulkan tidak sebegitu parah dan tidak mengakibatkan kerugian yang besar kepada masyarakatnya dan telah dapat diatasi.

Namun berbeda pada wilayah di Kota Payakumbuh, setelah Tim bertatap muka dengan Satlak Kota Payakumbuh beserta jajaran, menerangkan bahwa kejadian tersebut mengakibatkan beberapa kerusakan di wilayahnya yaitu pada Kecamatan Payakumbuh Timur. Saat itu Tim beserta jajaran setempat membuka Posko Bencana di Lokasi Kelurahan Koto Panjang kemudian meninjau langsung ke rumah-rumah warga korban dan ditemui oleh Bapak Sekretaris Walikota Payakumbuh di lokasi.
Kami Tim melihat bahwa kerusakan akibat terpaan angin puting beliung tersebut sebagian besar karena rumah warga berupa rumah panggung dengan bahan bangunan dari kayu yang sebagian besar telah lapuk karena dimakan usia.
Petugas kemudian memverifikasi data-data yang diperoleh sebelumnya, dan ditemukan perubahan karena Satlak setempat beserta jajaran, dilapangan masih terus mendata kerusakan-kerusakan lebih detail. Berikut

Hasil Rekap data yang telah kami peroleh bisa dilihat disini: Verifikasi Data Bencana Alam Puting Beliung Kota Payakumbuh

Tidak ada komentar: