Minggu, 28 Maret 2010

Sejarah Singkat Pusdalops PB Provinsi Sumatera Barat



Pusdalops PB Provinsi Sumatera Barat adalah instansi Pemerintah yang didirikan sejak tahun 2008 dibawah naungan Badan Kesbang Pol & Linmas Provinsi Sumatera Barat. Instansi ini bertujuan sebagai pusat pengendalian operasi dan pengkoordinasian bencana terhadap instansi-instansi lain yang menangani kebencanaan baik ditingkat provinsi maupun ditingkat kabupaten/ kota di wilayah Sumatera Barat dan sekaligus mengumpulkan data kebencanaan yang sedang terjadi di suatu wilayah yang akan dilaporkan langsung kepada Gubernur dan dilanjutkan ke Pusat : MenkoKesra, Mendagri, Mensos, Menkes dan BNPB di Jakarta.
Personil Pusdalops PB Provinsi Sumatera Barat terdiri dari Koordinator (1 org)yaitu Bapak Ir. Ade Edward seorang ahli Geologi mitigasi dan kebencanaan, Manajer (15 orang), Operator (16 orang), yang direkrut dari berbagai Instansi Pemerintahan yang terkait, Operator terdiri dari PNS dari berbagai instansi terkait dan juga dari masing-masing relawan yang memiliki kemampuan dibidang kebencanaan.
Sarana dan Prasarana yang dimiliki Pusdalops PB Provinsi Sumatera Barat dari mulai berdiri selain bantuan dari pihak Perancis berupa peralatan komputerisasi juga dari BMKG dan peralatan-peralatan komunikasi frequensi UHF dan VHF, semakin hari peralatan tersebut bertambah seperti CCTV pemantau ketinggian air laut dan CCTV untuk monitoring ruang kerja dan juga seismograf gempa internasional dan juga lokal.saat ini sedang mengembangkan sistim peringatan dini (sirine) yang otomatis akan berbunyi jika ada ancaman tsunami, pengendaliannya langsung di Pusdalops PB Sumbar.insyaallah dalam waktu dekat sudah dapat terealisasi. Ferequensi Radio Pusdalops PB Sumbar untuk HF freq Canel. 11.4735 MHz dan Freq UHF/VHF canel. 162.975 MHz.

Tidak ada komentar: